Glints's Question & Answer



60+ questions, different types of topic to be discussed, also gaining connection broader than ever are top three things that I received from an online session with Glints.

I’m trying to recap the most common problems that university student/ graduated are facing towards challenge the future career.

- Kak, lebih penting mana antara ikut organisasi/kepanitiaan atau ikut freelance dan internship bagi mahasiswa.
- Menurutku semuanya penting. And fortunately, I had both organization/committee and freelance/internship. Semuanya punya benefits sendiri2. But, put it on the right time. Mungkin kalo kamu semester2 awal, organisasi/kepanitian would be a great addition to support you further steps. If you’re on the last semester, take intern will expose you with work life.

- Sore guys, kang @irvandiassanjaya. Disaat kita memulai sebuah pekerjaan dimana kita masih berada diposisi terendah, kira2 apa ya strategi atau rencana yang harus kita persiapkan ? Thanks before
First thing first, never take a job yang membuat setiap senin sampai jumatmu, hanya membuat kamu rindu kapan itu weekend. Make sure kamu memilih kerjaan yang kamu anggap semua heinya itu weekend. Why i stated that statement? If you loved your job as much as you love yourself, position, money, etc will follow (including strategty). Aku udah membuktikan dengan aku yang memilih build up startup dari 0, tapi karena passion, lama kelamaan jalan akan muncul.

Modal apa kak yg bisa dipersiapkan selain toefl, cv? Sblm skl dan ijazah turun.
Make yourself worth. Dirimu bukan cuma kertas yang dinilai dari IPK, Almamater, atau CV, TOEFL. Make sure if someone hires you, it simply because you are the one with the high standards. Mungkin kamu bisa adding bargaining pointmu dengan nyemplung ke hal yang emang kamu merasa itu menjadi career goalsmu. Ex: intern, etc.

mas irvan mau nanya dong, gimana sih caranya dapet kesempatan untuk ikut program keluar negeri seperti YSEALI? apakah saya harus kursus bahasa inggris dulu secara intensif untuk dapat memiliki kesempatan tersebut? 
Last time i had my english course was 9 years ago. Its quiet long buat aku gak belajar bahasa inggris secara informal (les). For YSEALI’s case, its more than just you have english proficiency, then you will get accepted. Of course not. Kamu harus ada ongoing project. For me, belajar bahasa inggris bisa dimana aja (ex: Youtube).

- Rencananya setelah lulus kuliah saya mau kursus inggris 3 bulan untuk dapet sertifikat Ielts, apakah itu keputusan yg tepat?
Tergantung kamu ada tujuan apa? Kalo mau lanjut S2, it would be great point. Tapi kalo cuma pengen dapet sertifikat IELTS, mending les dulu :)

Mengapa ada juga orang yg aktif organisasi, mempunyai skill komunikasi yang baik, tak gentar mencari pekerjaan yg layak, ipk tinggi, lulus cumlaude, tapi belum tersaring masuk ke dunia kerja? Apa memang jurusan pas kuliah menentukan pekerjaan kita kedepannya sperti apa? Sebenarnya apa yang dicari perusahaan di zaman milenial ini?
Everyone is unique. Not just their physical/non physical appearance, but also their destiny. Untuk yang masalah jurusan, itu aku gak berani comment karena di dunia seperti sekarang ini, even CV is just formality. Tapi untuk yang belum kepanggil, kadang kita perlu melihat lebih tinggi diluar kacamata “dia itu keren” tapi aku bisa make sure, akan ada jauh lebih banyak yang lebih keren. So, keep increasing your level up ya :)

Kak aku mahasiswa tingkat akhir dan lg bekerja di perusahaan leasing, tp aku mau resign cri kerjaan yg lain sesuai passion and waktu yg bisa buat kuliah. Dan udh coba ngelamar" ke kantor tp blm ada jawaban ? Apa yg harus saya lakukan kak? 
Be patient. Ini agak klise, tapi kita gak bisa berbuat apa-apa. Karena keputusan ada di internal perusahaan. Saranku, keep going to search other companies, terus sama mulai start passionmu even tough belum dapet pekerjaan. Misalnya, kamu passion dalam bidang marketing, try to create marketing tools lesson in social media, it will boost your confidence and chance for your acceptance. Karena HR sekarang udah mulai melirik social media calon pegawai :)

gua fresh graduate, sebenernya bulan desember mendatang baru mau wisuda cuman. ijasah juga belom keluar, baru dapet skl doang, sambil nunggu jadwal wisuda gua pengen nyari kerja. nah bang lebih penting mana antara gaji sama pengalaman?
Depends. Temen2 aku ketika posisinya dikamu ada yang emang ngincer langsung yang bonafit (karena emang udah target), tapi buat mereka yang ‘testing market’ get a value is more than enough.

Cara membangun koneksi 
Connection is now borderless. Kita bisa using social media as a tools untuk spreading our network. Tapi kasarnya, try to challenge yourself. Aku pernah menangang diriku berkenalan 1 orang baru setiap hari.

halo, saya gabriel mau bertanya .. bagi saya CV dan porto saya sudah cukup menarik dan jelas sebagai graphic designer, tapi sampai saat ini belum ada perusahaan yang merespon lamaran saya, bahkan hanya sampai tahap interview dan istilahnya di PHP in.. ini bagaimana ya? 
Have you ever asked someone yang emang dengan objektif memberikan penilaian tentang karyamu? Aku pribadi bukan orang graphic designer, so my view would be more general. Ini sama aja pas aku bangun startup pertama kali. Aku bilang kalo startupku bagus, tertata dengan baik dari hulu sampai hilir. Even temen2 bilang bagus. In fact 7 bulan berjalan, kita belum dapet funding dan harus bootstrap sendiri. Ternyata gak sebagus yang kita kira. So, my suggestion, try to ask someone yang dia capable buat judge, yang konstruktif :)

Maaf kak ketekan trus trus jadinya nih kegiatan" apa yg kira" banyak banget manfaatx d dunia kuliah dan kerja kak
Open your horizon to not rely your university daily lifes by taking any chance of applying a scholarship, exchange, etc. Your future decided in your step that you’re doing today :)

Dear kak @irvandiassanjaya , status saya masih intern di sebuah perusahaan, sy sudah menjalankan kewajiban melakukan pekerjaan tapi hak gaji saya tidak terpenuhi juga oleh perusahan ini, bagaimana sikap kita seharusnya? Apakah intern memang dikesampingkan kak? Thankyou
Diawal ada MoU? Ada hitam diatas putihnya? Kalau ada kamu bisa menindaklanjuti hal tersebut. Tapi kalo enggak, aku cuma bisa ngasih advice, cari tahu apa yang terjadi di internal company tersebut :)

pertama mau memuji low profile bgt intens chat dgn member glints, ini bagus bgt dimana bs ksh inspirasi buat anak2 muda lainnya.. 😁..Kedua mau tanya untuk program beasiswa max usia berapa? Trm ksh
Thanks BTW haha. Untuk batasan umur, dibagi ke dua (academic under 25) dan professional (under 35) bisa di kepo di @yseali_official :)

Dear kak @irvandiassanjaya, saya seorang fresh graduate dan sudah melamar bahkan interview user di bbrp perusahan,namun selalu gagal. Yang jd pertanyaan saya, apakah fresh graduate yg mempunyai keahlian itu kdg msh bisa diragukan dan selalu didahului dgn yg punya pengalaman? Dan soft skill apa yang harus kita punya sbg fresh graduate utk nantinya masuk ke dalam dunia kerja? Terima kasih 😊
Hallo Kak, what a good question. Pertama, aku mau meluruskan dari segi aku sebagai anak Psikologi. Kadang, kita (HR) merekrut orang untuk karyawan itu bener2 dinilai dari bibit, bebet, bobotnya. Mungkin aku masih rendah pengalamannya, tapi dibeberapa company, apalagi yang masih awal, kadang mereka butuh someone yang udah paham root worksnya itu darimana. Bisa membuat their own SOP dalam bekerja. Beda sama company yang udah besar, mereka akan lebih open (apalagi kalo ada tulisan “For Fresh Graduates”)

bentar lg abis kontrak di gramed. Udah mau nyari kerjaan2 lagi. Mau nanya kalo lg interview. Sopan ga sih kita nanyain gaji yg kita terima di hadapan HRD? Dengan hanya bermodal lulusan SMA. Tq min
Menurut hematku ya. Untuk gaji, better kita ‘nego’ ketika HR-nya udah buka obrolan. Even untuk S1, temen2ku, banyak yang dia mulai berani nanya ketika HR udah mulai masuk pada obrolan tersebut

Halo @irvandiassanjayamending s2 atau kerja dulu?
If you want to be an entrepreneur, you better work first. Tapi kalo emang kamu mau jadi professional/ academician S2 would be great for us :)

Mas @irvandiassanjaya nanya dong, referensi atau cara buat CV yg menarik dan gk mainstrem tp mmuat info 'penting' kita . Thx BTW. Sukses trs!
Try to use Descriptive CV. Jadi recruiter paham dalam hal yang kamu tulis, kamu ngelakuin apa aja disana

Permisi ka @irvandiassanjaya saya mau nanya tapi sebelumnya maaf udah kelewat jamnya. Saya mau tanya ka pentingnya kepribadian mbti seseorang seberapa urgentnya ya ka? Saya berpikir untuk memaksimalkan potensi diri berdasarkan ruang lingkup mbti. Tapi bukan berarti saya gak mau belajar yang lain sih, cuma ingin memaksimalkan dulu baru belajar yang lain. Bijaknya bagaimana ya ka ngambil keputusan seperti itu? Terimakasih banyak
MBTI is great personality test that allows people to know better others. Tapi untuk internal, menurutku MBTI kita bisa memberikan SWOT tentang diri kita itu bagaimana di dunia professional. Sometimes when i failed to make a good decision as a leader, i blame my ‘F’ type personality karena aku orangnya kasihanan. But when i succeed to makes people happy and feeling comfort to work under my leadership, I’m feeling grateful of my ‘F’ type personality karena aku selalu menggunakan ‘sepatu’ oranglain dalam menilai suatu hal.

Hai kak @irvandiassanjaya mau nanya kalau interview di perusahaan, bagaimana standar berpakaian? Umumnya kemeja putih celana kain hitam. Tapi sy lebih sukanya pakai kemeja dg motif dan celana kain, bagaimana menurut kaka sbg HR ?
beda types of perusahaan, beda juga cara berpakaiannya. Misal untuk company yang udah multinasional, we should dress up more formal. Kemeja putih, bawahan kain hitam, sepatu tofel. Untuk yang lebih startup, more informal seperti: kemeja flanel dll.

Sebagai fresh graduate udh pasti yg dipengenin langsung kerja. Tp kebanyakan perusahaan yg menyediakan tempat kerja sangat menginginkan karyawan yg sdh punya pengalaman sebelumnya bahkan untuk sekedar menjadi kasir. Trs kita harus gimana nih, kalo semua perusahaan punya kriteria spt itu dr mana kt bs mendapat pengalaman? @irvandiassanjaya
Not all companies do the same thing. Ada company yang hiring khusus fresh grades. Kalimat ‘belum ada pengalaman’ ini sepertinya kalo gak diluruskan secara objektif, nanti jadi bias arti. Aku yakin 4 tahun kita kuliah, every student got their chance to feel the experiences. Tinggal kitanya sebagai mahasiswa milih experiences yang mana. Yang kepanitian itu2 doang, atau yang meningkat levelnya. It depends on someone’s action plan pas hal masuk kuliah gimana :)

Kak @irvandiassanjaya posisi saya saat ini kerja di sebuah penginapan guest house, aku kerja setahun belakangan ini yg awalnya aku sambil sm kuliah, nah sekarang aku udah lulus tinggal diwisuda aja bulan september, apa aku bisa minta gaji aku ada peningkatan ngga ya kak?sopan kah kak? secara sekarang aku sudah S1, kan kemarin awal kerja statusnya masih mahasiswa ngelamar kerja dengan ijazah SMA 😂 terimakasih
Hallo Kak. Nice question. Kemaren saat wawancara dan pre-agreement sempet nyerempet ke obrolan2 tentang long term working career gak? Kalo iya, pasti ada obrolan2 terkait dengan hal tersebut. Tapi kalo enggak, mungkin kamu bisa ‘nyentil’ alus dengan bilang ke HR-nya kalo kamu lulus besok. Dan menurutku sah2 aja kalo kamu nanya. Apalagi kalo kerjamu bagus dan berhasil achieving company’s goal, wah udah :)

aku fresh graduate, biasanya yg bikin HR mau hire kita diliat dari CV itu apa aja? kbnyakan aku apply di BUMN. makasih 🙂
Aku tadi sempet bales comment seseorang dibawah, coba sekarang untuk nulis CV yang deskriptif. So, HR bisa track what have you done, seberapa involved kamu di dalam hal yang kamu kerjakan. Kalo cuma nulis ‘Ketua panitia...” everyone can do the same thing. Tapi kalo selama kamu jadi panitia, kamu do something great, I think HR will more consider you more :)

Punya pengalaman kerja paruh waktu semasa kuliah kira2 ngaruh gak sih??
Sure, apalagi kalo part time-mu relevant dengan pekerjaan cita-cita, it would be great step to go. Everything started from the smallest one :)

Haloo, kak @irvandiassanjaya. Bagaimana sih caranya terlihat mempunyai motivasi yg kuat ketika ingin apply beasiswa/instansi tertentu?
Instead of compairing yourself with other competitors, hence you should focus to improve yourself in any kind of sectors (english, background, etc). Then, if you are failed, don’t take it as something that will end your scholarship career. Like in my case, I should got rejection from 20 scholarship before I got my first. Keep up the fire!

Hallo kak @irvandiassanjayabagaimana sih kak supaya kita ini siap bersaing didunia kerja apalagi fresh graduate dalam dunia kesehagan?
Focus on yourself. You’re competing with negativity that blocks your steps to achieve success. Whenever you’re feeling ready with yourself, success (not just in work life issue) will follow. Progress everyday needed to see bigger world’s competition :)

ga punya pengalaman organisasi / kerja, kadang minder banget mau ngelamar kerja takut ntar kerjaan ga beres dan aneka macam alasan lainnya. gimana caranya ngebuang rasa minder tersebut?
Kalau kamu masih berada di bangku awal kuliah, hence you start to fulfill your experiences. Tapi kalo kamu udah mau lulus atau kerja, start to do something small perfectly. When you’re good to do something small, your skills will be increased along the process :)

Hi, ka. Aku Ana mahasiswa akhir yg inshallah tahun ini lulus hihi, aku kuliah sambil kerja , kuliah dan kerja dibidang yg sama yaitu accounting. Aku mau tanya, aku tuh kerja udh 4tahun -/+ nah, saat nnti aku nego gaji apakah pantas negosiasi lebih diatas umr??
Hallo Ana, good question. I think if you continue your accountant job career in the same company, you can do it. Because company have seen your abilities & experiences. But if you change to other, Its quiet difficult, unless you work in BI/ related consulting firm. Its more than okay :)

kenapa klo mau jadi seorang entrpreneur lebih baik dimulai dri bekerja bang ?? Mohon alasan, masih penasaran dengan lanjutan jawaban abang,
Bekerja disini maksudnya mulai bisnisnya dulu. Atau kalo mau kerja dulu nginduk di yang lain boleh. Supaya dapet pengalaman how to build company in whole sectors.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Glints Scholarship, Keajaiban di Tahun Terakhir Kuliah

Pengangguran Sarjana Tinggi di Indonesia, karena Efek Binari?